Sebetulnya ini perjalanan saya dan teman-teman beberapa bulan lalu saat liburan lebaran. tercetus dari pemikiran sempit, teman saya eril ngajak ke pantai, diamini oleh saya, rafi dan wisnu. sedikit pelik menentukan pantai mana yg akan dikunjungi, dipilihlah Teluk Kiluan nan terkenal akan Lumba-lumba liarnya itu. Berangkatlah kita tanggal 18 Agustus 2013 dari rumah saya (Gadingrejo, Pringsewu) yg konon katanya membutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan motor hingga ke Kiluan yg terletak di Kabupaten Tanggamus. Kami berangkat pukul 05.30 pagi, dan mampir sebentar di rumah eril untuk mengambil sedikit kue sisa lebaran.
penampakan rafi (kiri) dan wisnu (kanan) di rumah eril
dilanjutkannya perjalanan, dan berikut ini adalah dokumentasi kami sewaktu di perjalanan menuju Teluk Kiluan :
nampak rafi yg berboncengan dg wisnu di jalan

penat jalanan jauh, istirahat bentar di tempat yg saya lupa namanya

eril dg baju kebesarannya

perjalanan jauh emang bikin laper, makan nastar dulu enak ini
Sebetulnya jalan menuju kiluan setengahnya bagus banget, dan setengahnya lagi sangat tidak bagus sekali. namun yg kami dokumentasikan yg jalannya bagus aja. :)) biar keliatan mulus haha
rafi di gapura selamat datang di kiluan
wisnu

eril

fath
karena nggak ada yg fotoin, jadi ya foto sendiri-sendiri aja lah. kami tiba di kiluan sekitar pukul 11.00 dg embel-embel nyasar sana sini. kami harus menyebrang ke pulau kiluan, yg jaraknya sekitar 100 meter saja dg menggunakan perahu. oh iya, karena berniat menginap, kami menitipkan sepeda motor di rumah warga dg biaya 5000/motor/malam. langsung lah, kita berangkat menggunakan perahu menuju pulau kiluan.

gotong royong dorong perahu

wisnu, saya, dan rafi ketika menaiki perahu menyebrang ke pulau kiluan

sing iki apik potone

setibanya di pulau kiluan, jelajah pulau dulu kali ya.
jelajah hutan di pulau kiluan haha

bagian timur pulau kiluan

selesai jelajah pulau, langsung cari tenda, sebetulnya ada cotage disitu, cuma denger-denger harganya mahal. yaudah kita sewa tenda aja dg harga 60ribu/malam untuk dua tenda.

absi bikin tenda, solat dulu lah kebetulan pukul 12 waktu itu selesai diriin tenda. selesai solat nikmatin pantainya kiluan.

bakar ikan :

sampe sore setelah solat ashar, kita jemput sunset :

nikmatin malam ditepian pantai, ditemani deburan ombak dan suara semribit angin :
solat magrib

api unggun

makan besar

diwaktu malam sebetulnya ada kejadian unik dimana baterai handphone saya sudah habis dan ditakutkan tidak bisa mengabadikan moment di hari kedua, sialnya saya tidak membawa charger saat itu. untungnya terlihat beberapa orang di cotage tempat penginapan dan sepertinya ada charger hp yg sama. dg tidak memeberanikan diri dg alasan malu, saya dan eril harus berdebat lama untuk memutuskan siapa yg berani meminjam charger, satu dua jam kami berdebat, akhirnya sayalah yg meminjam.
sambil nunggu ngecas hp sampek full

sudah malam, tidurlah kita

bangun pagi tedengar adan subuh, langsung cari wudu.

masih ngantuk dipaksa wudhu

abis solat subuh, keliling pulau lagi, nemu kepiting

nikmati udara pagi tepian pantai

aku

dan akhirnya ada juga foto kami berempat

setelah puas dan kebetulan waktu menunjukan pukul 10.00 adalah waktu dimana kami janjian dg penjemput perahu. oh iya, biaya kami sewa perahu untuk PP adalah 20.000/orang.

berikut ini adalah foto2 kami selama perjalanan pulang di tempat-tempat yg menurut kami pantas difoto. haha